Firefly Pointer 2
TEAM BUILDING TRAINING

 “Untuk mengenal seseorang, anda akan membutuhkan waktu berjam-jam dalam sebuah obrolan. Akan tetapi anda dapat mengenal seseorang dengan cepat dalam sebuah pelaksanaan permainan” (Plato)

1.    LATAR  BELAKANG
Manusia pada dasarnya terbatas, tidak sempurna, mempunyai kelebihan dalam segi tertentu, namun mempunyai kekurangan dalam segi lainnya. Dalam keunikannya, manusia tidak mampu mencapai tujuan hidupnya seorang diri, dia selalu membutuhkan orang lain.
KERJA SAMA dalam organisasi terwujud dalam bentuk struktur organisasi yang secara sederhana dapat diuraikan menjadi bagian-bagian organisasi :

- ATASAN  berperan mengatur organisasi/divisi/bagian/seksi secara keseluruhan, melihat garis besar, merencanakan, membagi tugas, mengarahkan, mengawasi supaya tujuan bersama dapat tercapai.
- BAWAHAN  berperan melaksanakan tugas atau kegiatan yang sudah direncanakan oleh atasan. Umumnya sifat tugasnya lebih khusus, mendetil dan teknis.
- REKAN KERJA berperan sebagai supplier untuk divisi/bagian/seksi berikutnya atau sebagai konsumen dari end product divisi/bagian/seksi sebelumnya.

2.    SYARAT-SYARAT  UNTUK  BEKERJA  SAMA

  1. SALING PERCAYA
  2. INISIATIF, PRAKARSA
  3. KOMUNIKASI
  4. PEKA DAN TANGGAP
  5. KETERLIBATAN
  6. DISIPLIN
Dari uraian singkat diatas kita bisa menyimpulkan dengan berbagai argumen dan opini bahwa : ”Dalam mencapai kesepakatan bersama, tujuan individu perlu disesuaikan, diselaraskan dengan tujuan kelompok. Tujuan kelompok yang baik secara langsung atau tidak langsung memenuhi sebagian dari tujuan pribadi”.
Untuk itu kami ingin berbagi sebuah kerangka sederhana yang pada ahirnya bisa dikembangkan sesuai dengan karakteristik sebuah kelompok, individu bahkan perusahan bersekala apapun untuk bisa mendapatkan sumberdaya manusianya menjadi lebih baik pada dinamika dan lingkungan pekerjaan, masyarakat dan keluarga.
Kegiatan OUTBOUND memang bukan satu-satunya solusi untuk bisa mengubah sebuah paradigma pada sebuah perusahaan atau instansi atau lingkungan tertentu. Akan tetapi dengan kemasan yang baik, tepat guna, sesuai dengan tujuan, makna dan memaknai dengan baik, maka tujuan atau misi yang diinginkan bisa dicapai dengan proses yang lebih dinikmati. Suasana menyenangkan, dinamis, serta pengalaman langsung (Learning by doing), akang menghasilkan sebuah tujuan yang sesuai dengan harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar